Minggu, 29 Januari 2012

Easy Way 2 Make a Music Recording...


Era digital mmg menghadirkan sejumlah terobosan inovatif terutama didalam dunia rekaman musik. Saya akan membahas sedikit tentang cara sederhana mewujudkan studio rekaman pribadi ato saya memberikan istilah Home Music Record.Tahun 1993 pada saat saya masih dibangku SLTP dikota saya tidak ada satu pun studio music yang bisa melakukan proses perekaman, baik Live maupun Mixing. Sistem rekaman hanya dilakukan secara manual dengan tape recorder melalui media kaset magnetik..so sad...

Namun berawal dari tahun 2000 sudah mulai banyak tumbuh studio musik yang bisa merekam baik secara live maupun mixing. Jadi bagi anak2 band yang punya lagu sendiri bisa juga membuat demo album baik sebagai koleksi band mereka maupun untuk dipublikasikan secara komersial kepada berbagai kalangan. Namun itu tentu saja memakan cost yang tidak sedikit.

Ada tips sederhana untuk membuat studio rekaman pribadi yang bisa saya bagi dengan sobat Blogger. Walaupun tetap saja memerlukan dana yang tidak sedikit namun selain pembelian hardware dan software yang bisa dicicil, namun dapat digunakan terus menerus guna mendukung kreativitas sobat blogger.

1. Kamar Kosong.
Cukup ruangan kecil saja. 4 m2 juga cukup untuk dijadikan ruang rekaman. Biar
hasilnya maksimal. Agar ruangan kamar dibuat kedap suara sehingga tidak
terkontaminasi dengan suara2 yang tidak perlu yang bersumber dari luar ruangan
rekaman.
2. Mic + Vocal Audio Processor
Vocal Audio Processor mutlak diperlukan agar kualitas suara yang dikeluarkan
oleh sang vokalis tidak naik turun alias stabil.
3. Guitar Electric atau Accoustic + Sound effect yang diperlukan.
4. Mixer minimal 8 track
5. PC atau laptop
6. Speaker Monitor.

Untuk hasil maksimal gantilah soundcard on board anda dengan menggunakan Hardware yang lebih mumpuni sebagai contoh dengan menggunakan Audiotrak Prodigy 7.1e X-Fi Audio (PCI-E) Soundcard.

Selamat Mencoba...

Baca yang ini juga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar